Minggu, 28 Juni 2009

Khazanah Islam


Eksiklopedi Puasa
Puasa adalah salah satu sendi pokok ibadah dalam Islam.bahkan, dalam keutamaannya, Allah sendirilah yang membalas dan mengganti pahala orang-orang yang berpuasa."sesungguhnya puasa hanyalah untuk-Ku dan Aku yang membalasnya..."(HR.Bukhari dan Muslim,Ahmad dan Nasai).Karena keutamaannya pula , Allah menyediakan satu pintu khusus di surga, yang disediakan untuk orang-orang yang ahli berpuasa.Pintu itu disebut Ar-Royyan. Kelak dihari kiamat, pintu itulah yang menjadi fasilitas bagi orang-orang yang ahli berpuasa untuk memasuki kenikmatan surga
Buku Ensiklopedi Puasa yang ada di hadapan pembaca ini disusun untuk melengkapi khazanah intelektual Islam yang berhubungan dengan puasa, khususnya bulan suci Ramadhan.Didalamnya pembaca dapat menjumpai berbagai hal yang berkaitan-baik langsung maupun tidak- dengan puasa dan pembahasan seputar Ramadhan.Mulai tentang puasa dan hukum-hukumnya,macam-macam puasa, hal-hal yang diperbolehkan atau dilarang ketika berpuasa,zakat fitrah,zakat mal,contoh-contoh perhitungannya, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan, manajemen Ramadhan,sampai pembahasan tentang kultum,jaburan,tadarus,beduk,mudik dan sebagainya.
Sesuai dengan namanya, Ensiklopedi Puasa, semua materi diuraikan dengan singkat dan jelas tanpa melibatkan perbedaan pendapat yang berarti.Hal ini dimaksudkan agar buku ini menjadi referensi semua kalangan, sampai pembaca awam sekalipun.Ensiklopedi ini disusun berdasarkan abjad mulai dari A sampai Z, mengingat persoalan yang dibahas cukup banyak, sekaligus memudahkan pembaca untuk mencari pembahasan yang dikehendaki.Terkadang satu pembahasan terdiri dari dua,tiga atau berupa rangkaian beberapa kata, namun pembaca cukup mencari huruf pertama dari suku kata pokok saja. selamat membaca.
Penulis : Ustadz Irfan Supandi.M.Ag

"Ramadhan dan Puasa adalah momentum terbaik untuk membina diri. Pemahaman yang komprehensif tentang bulan dan ibadah yang agung ini sangat diperlukan agar puasa dan Ramadhan tidak sekedar rutinitas. Lahirnya buku Ensiklopedi Puasa membantu pembaca mempersiapkan diri untuk sukses dalam ibadah di bulan penuh berkah. buku ini sangat bermanfaat bagi anda,selamat membaca"
Dr.H.Muh.Mu'inudinillah Basri,Lc.,MA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar